pelajaran menulis adalah sesuatu yg saya takutkan ketika kecil. tidak bisa dipungkiri jika nilai bhs indonesia saya selalu rendah, di bawah rata-rata nilai lainnya :-)

dan ini bukan hanya saya saja, tetapi sebagian besar rekan-rekan yg saya temui juga mengeluhkan hal yang sama. apa yg salah dengan kita? mengapa mengarang tidak mudah?

seseorang pernah menyebutkan ke BS bahwa budaya menulis adalah bukan budaya Indonesia. apakah ini benar? BS belum pernah membaca sesuatu tentang ini persisnya. tapi salah satu yg sering menjadi pertanyaan ke BS adalah bagaimana membuat tulisan yg baik, esai, juga pernyataan motivasi buat sekolah. kalau boleh berbagi buat ini, salah satu yg bisa menjadi standar acuan adalah membuatnya berdasarkan krologis berdasarkan waktu. sebagai contoh bila anda ingin membuat letter of motivation utk melamar S2, bisa memperhatikan poin-poin berikut:

  • Urutan tulisan

urutan tulisan bisa dibuat dengan sebutkan jurusan yg diambil ketika kuliah S1 . kemudian sebutkan mata kuliah tertentu yg menarik minat kamu. sebagai contoh jika kamu dari jurusan ekonomi, sebutkan misalnya apakah kamu tertarik di bidang mikro atau makro ekonomi, sebutkan juga alasan-alasannya. kemudian ini bisa dilanjutkan dengan argumen bahwa ini yg menjadi dasar kamu memilih topik penelitian tugas akhir (TA) / skripsi S1 kamu. sebutkan apa temuan-temuan yg kamu dapat waktu TA dan mengapa itu menarik buat mu dan apa yang menjadi kontribusinya.

  • pekerjaan saat ini

sebutkan pekerjaan kamu sekarang dan bagaimana kamu memperoleh pekerjaan ini. sebutkan keterkaitan antara jurusan S1-mu dengan pekerjaanmu sekarang. apa yg menjadi tanggungjawab sekarang. jikalau kamu belum ada pekerjaan tetap sekarang alias menganggur, sebutkan kegiatan-kegiatan positif yg kamu lakukan, apakah karang taruna atau ikut klub apa, dll. sebutkan juga mengapa kamu tertarik terlibat di sana

  • tujuan melanjutkan sekolah lagi

mengapa sekolah lagi berguna buat kamu, pekerjaan sekarang, buat komunitas tempat tinggalmu dan juga buat komunitas yg lebih luas, seperti kota, propinsi, bahkan negara?  

  • sekolah ke mana?

kemana kamu mau melanjutkan sekolah? mengapa memilih departemen / jurusan  X di kampus Y dan di negara Z? cari alasan yg jelas buat ini dengan membaca brosur dan internet tentang kampus yg kamu tuju. pembaca dokumen kamu akan mengecek sejauh mana kesiapan kamu / pengetahuanmu tentang sekolah yg kamu tuju, tidak hanya kuliahnya tetapi juga kesiapan mental untuk tinggal di sana. salah satu alasan yg BS sebutkan kenapa dulu memilih ITC, Belanda adalah karena salah satu dosen di kampus sebelumnya adalah alumni dari kampus ITC. kemudian juga, bidang yg akan dipelajari (GIS) masih merupakan bidang yg langka di perencanaan kota di Indonesia dan juga ITC terkenal di seluruh dunia untuk pengembangan bidang GIS.

  • tujuan / rencana masa depan

juga sangat penting untuk menjelaskan visimu. apa yg akan kamu kerjakan di masa mendatang, misalnya sepuluh tahun ke depan. apa profesi yg kamu inginkan, bagaimana kamu mencapainya dan bagaimana kontribusi sekolah ini akan membantumu buat itu.

silakan ajukan pertanyaan dibagian komentar, jika mau berdiskusi tentang ini :-)

About these ads