bukan maksud BS memutar-mutar TOEFL ya😛, seputar toefl bagian dua di link ini

diskusi kali ini tentang pengalaman belajar toefl. semoga membantu. seperti biasa, silakan posting pertanyaan dibawah ini, nanti kita diskusi sama-sama🙂 .

  • BS, apa sebenarnya gunanya TOEFL, saya sudah bisa bercakap-cakap menggunakan bahasa inggris, apa tidak perlu TOEFL lagi?

wah BS bukan guru TOEFL, tapi BS coba kasih saran ya. TOEFL sebenarnya agak sedikit berbeda dengan bhs inggris buat conversation atau kelas pada umumnya. TOEFL itu adalah standar yg digunakan untuk mengecek kemampuan bahasa inggris seseorang untuk melanjutkan di perguruan tinggi (sekolah) pada perkuliahan yg menggunakan bahasa inggris. karena itu yg di-cek adalah listening (pendengaran): bagaimana mendengarkan kuliah, structure dan essay: bagaimana menulis (laporan-laporan) dengan baik dan juga reading: bagaimana memahami bacaan dengan cepat. orang yang fasih berbahasa / conversation belum tentu skor toeflnya tinggi, sebaliknya juga demikian, orang yang skor toeflnya tinggi belum tentu bisa bercakap-cakap dengan lancar.

  • Dulu BS belajar TOEFL nya bagaimana?

ini pertanyaan bagus dan susah jawabannya😉

ya BS dulu belajarnya sejak lulus kuliah. nggak telat tuh? iya memang telat, tapi mau gimana. dalam hal ini ya memang kerjanya jadi lebih keras. dulu BS ambil les toefl di dua tempat. satu yg lamanya satu bulan yg kedua lamanya tiga bulan ya kalo tidak salah. tapi pada dasarnya keduanya itu tidak menambah skor BS secara berarti. masih seputaran 500 saja, hehehe. belum menyentuh 550. jadi karena itu BS teruskan belajarnya dengan menggunakan buku Cliff. buku itu benar2x membantu karena dia membahas bagian structure dari yg paling sederhana. itu benar-benar membantu karena kesalahan kita kebanyakan dari penggunaan grammar yg tidak tepat, dan itu dimulai dari hal-hal sederhana, seperti penempatan subject, verb, plural, singular, preposition, dll. kalau BS sekarang ditanya saran apa, maka BS kasih saran rajin-rajinlah menulis dan kemudian edit tulisan kamu berulang-ulang. coba cari grammar baru, kemudian buat tulisan sendiri dari situ, nanti akan ketahuan kesalahan kamu di mana dan jangan takut untuk memperbaikinya terus. secara alami maka ketelitianmu akan meningkat dan akibatnya skor toefl akan naik juga.

  • BS, les TOEFL yg bagus dimana di Bandung?

wah banyak tempat les, tapi kalau kamu sudah punya sedikit dasar, lebih baik kamu belajar sendiri saja. beli cliff dan kaset atau cd-nya. terus hapalkan grammar-nya, terus kerjakan soal-soal latihannya. tapi belajarnya harus konsisten ya. lebih baik belajar 1 jam sehari setiap hari daripada 7 jam setiap minggu.

silakan membaca bagian dua di bagian ini (bagian dua)