banyak yg bertemu blog ini setelah memasukkan kata kunci “toefl” atau “belajar toefl”. kali ini BS mau tambahkan tips singkat dari pengamalan pribadi. jika anda belum melihat tulisan saya sebelumnya, silakan cek di sini.

pada prinsipnya toefl (versi dulu) mencakup empat bagian: listening (pendengaran), structure/grammar (tata bahasa), reading comprehension (pemahaman bacaan) dan writing (menulis). yg kelima adalah speaking. tp buat ini saya belum pernah punya pengalaman mengambil. baiklah, coba BS jabarkan di bawah ini pengalaman utk meningkatkan masing-masing bagian di atas.

  • listening

utk listening, bagian yg perlu di asah adalah kemampuan “telinga” anda. pada dasarnya kata-kata yg diucapkan tidak susah / sulit utk dimengerti. biasanya materinya adalah seputar percakapan sehari-hari atau percakapan di kampus. tentunya jika anda adalah seorang pelajar, maka kata-kata tersebut tidak ada susah buat anda. jadi yg penting adalah “menangkap” kata-kata tersebut dengan jelas. utk ini beberapa latihan yg saya lakukan adalah: memutar kaset bhs inggris sebanyak mungkin (lagu ataupun percakapan) dan juga menonton film-film berbahasa inggris. semakin banyak atau semakin sering anda mendengar, maka semakin mudah kata-kata tersebut anda cerna. bisa juga memutar kaset listening toefl sendiri ketika waktu-waktu senggang anda melakukan hal-hal rutin (belajar di rumah, duduk atau bersantai sambil melakukan hal-hal lain). utk ini memang diperlukan waktu agak lama agar telinga anda cukup tajam. menurut saya paling tidak setelah enam bulan maka anda akan merasakan manfaatnya.

  • structure

 structure pada dasarnya adalah memahami penggunaan tata bahasa inggris dengan benar. buku yg saya ceritakan di posting sebelumnya (contohnya: buku Cliff, Longman dan Peterson) paling bermanfaat karena urutan pembahasannya dari yg paling sederhana sampai ke tingkat yg paling sulit. selain itu, utk melatih structure, rajin-rajinlah anda membuat tulisan dalam bahasa inggris. apapun bentuknya: mau tulisan tentang pelajaran, diary atau mengarang apapun yg anda minati. kuncinya di sini adalah membuat tulisan bahasa inggris dengan benar. minta seorang atau beberapa teman anda utk bersedia menjadi mentor utk membaca tulisan-tulisan anda tersebut dan memberi koreksi. dulu pacar saya yg bahasa inggrisnya lebih baik dari saya, banyak membantu saya memberikan koreksi utk tulisan-tulisan saya. ketika saya mengambil s2, dosen-dosen saya banyak membantu tulisan-tulisan di laporan-laporan saya. laporan-laporan tersebut saya minta lagi dan saya tulis ulang sehingga saya tahu mana kesalahan yg telah saya lakukan.

  • reading comprehension

utk hal ini saya sarankan anda sering-sering membaca tulisan di koran-koran / artikel berbahasa inggris. ini berkaitan dengan kemampuan / kecepatan anda membaca tulisan. dengan adanya internet sekarang anda akan gampang mendapatkan tulisan-tulisan berbahasa inggris, antara lain dari newyork times, jakarta post, bbc, cnn dll. coba cetak beberapa artikel dan kemudian baca. jika anda mau yg lebih “berat” bisa membaca jurnal-jurnal ilmiah internasional. dulu skor saya banyak terdongkrak ketika saya ditugaskan oleh profesor utk membaca jurnal-jurnal ilmiah dan membuat delapan tulisan singkat selama sebulan. hasilnya ketika itu saya tes toefl beberapa minggu kemudian reading saya hanya salah satu atau dua!🙂

  • essay

utk essay, mungkin jika anda sudah melakukan tips yang saya sebutkan utk sering2x menulis di atas, maka ini akan lebih mudah bagi anda. tp saran tambahan saya adalah utk essay yg dipertimbangkan adalah struktur penulisan anda. biasanya anda akan diberikan sebuah topik, misalnya tentang: “what do you think of the importance of parents for home schooling?” utk ini anda harus membuat tulisan-tulisan yg mendukung pendapat anda. baiknya jika pendapat-pendapat anda dituangkan dalam paragraph-paragraph dan di paragraph terakhir anda membuatkan kesimpulannya.  utk contoh-contohnya silakan lihat di buku-buku toefl yg anda punya.