beberapa orang bertanya kepadaku, mana yang lebih baik dipilih jika melanjutkan master, antara “coursework” dengan “research”?

ini tergantung dengan karir dan minat kamu.

jika kamu ingin berkarir dalam profesi seperti berikut ini: pekerja pemerintah, pekerja di bank atau perusahaan swasta, staff profesional NGO (bukan peneliti), perencana kota, arsitektur profesional, dan hal-hal lain yang serupa, lebih baik anda mengambil “coursework”.

di sisi lain, jika kamu ingin berkarir dalam profesi berikut: dosen dan peneliti, maka lebih baik mengambil program master by research. atau paling tidak ambil yang cukup banyak materi untuk persiapan research. sebagai contoh, master yang aku dapatkan tidaklah jalur “research” murni, tetapi banyak persiapan untuk research dan juga bobot untuk thesis cukup tinggi. artinya bekal untuk menjadi seorang dosen atau peneliti cukup banyak dalam jalur master by research.

tapi sebagai catatan, ini tidak menutup kemungkinan bahwa rekan-rekan dari master by coursework tidak bisa mengambil phd. bisa saja dilakukan, karena ada teman yang saya ketahui mengambil master by coursework, tetapi bisa mengambil studi lanjut ke jenjang phd.

selamat mencoba.