jika anda berminat melanjutkan sekolah ke luar negeri untuk S1, S2 ataupun S3 (secara gratis), berapa lamakah persiapannya? beberapa orang mempertanyakan hal ini kepadaku

mungkin jawabanku akan coba aku refleksikan dari pengalamanku sendiri dan pengamatanku akan orang-orang dekat.

kalau aku bisa kembali mengulang waktu, mungkin aku akan melakukan persiapannya dari tingkat 2 waktu kuliah. aku sendiri mulai cari-cari info sekolah baru setelah 4 tahun kuliah (satu tahun sebelum lulus), setelah beberapa teman satu angkatanku sudah keterima ke luar negeri untuk S2). dengan persiapanku setelah tahun ke-5 kuliah itu, aku baru bisa berangkat melanjutkan S2 setelah tiga tahun “menunggu”. jadi idealnya menurutku adalah tiga tahun waktu persiapan

mengapa demikian?

ini terkait dengan kita perlu kita mempersiapkan beberapa hal berikut:

  • bahasa, ini sudah pasti. kalau anda sekolah ke english speaking country, seperti Amerika, UK, Aussie, Singapore, New Zealand atau juga negara-negara moderate yang ada program internasional, seperti di Netherlands, Belgia, Denmark, Norway, (Taiwan?), maka hanya English mungkin yang akan anda butuhkan. Tetapi jika anda sekolah ke negara-negara lainnya seperti France, Germany, China, Japan, maka selain English, anda perlu mempelajari bhs setempat. untuk persiapan bahasa selain English, supaya baik butuh waktu yang cukup lama, minimal satu tahun.
  • informasi yg cukup tentang negara tempat belajar. cari info sebanyak-banyaknya tentang negara yang akan anda datangi, termasuk info budaya, makanan-makanan, tempat-tempat wisata dan hal-hal positif lainnya. ini selain menambah wawasan anda, juga akan menambah motivasi anda untuk datang ke sana.
  • informasi yg cukup tentang kampus yg anda datangi. beruntunglah kita hidup di jaman internet. informasi hanya dalam sekejap dapat kita peroleh secara mudah. dulu saya membuat arsip kampus-kampus yang menjadi kandidat untuk di lamar dibagi berdasarkan beberapa kategori. kategori utama adalah negara, sub kategorinya adalah kampusnya sendiri dan departemen yang akan dilamar. selanjutnya sub kategori di bawahnya adalah kontak person yang akan kita kirim email atau lamaran. cari plus-minus dari informasi tentang kampus yang akan anda lamar. ini bisa anda peroleh dengan mengetahui siapa orang-orang indonesia yang pernah atau sedang sekolah di sana.
  • menjalin kontak dengan profesor di kampus yang akan anda lamar. jika anda tidak yakin dengan informasi yang disajikan di website atau brosur yang anda pegang, kirim email ke profesornya. biasanya dia akan membalas. jika tidak jangan kecil hati, kirim email sekali lagi, atau kirim email ke profesor lain di departemen yang sama. posting saya sebelumnya tentang mengontak profesor dapat dilihat di link berikut.

silakan tanya, jika ada yang tidak jelas