Buat anda yang akan lulus atau baru lulus sarjana atau master, jangan lupa untuk mensarikan tulisan anda dan memasukkannya sebagai karya ilmiah. Segera setelah anda menyelesaikan tugas akhir / skripsi / thesis adalah waktu yang tepat untuk anda menulis. Anda masih ingat detail pekerjaan anda dan anda belum disibukkan dengan tugas-tugas lain. Menurut saya, pekerjaan yang anda lakukan tinggal 20% lagi. Selebihnya, 80% sudah anda kerjakan ketika anda mengerjakan tugas akhir tersebut.

Tapi, saya tidak ingin menjadi seorang peneliti / dosen dan sebagainya lagi yang terkait dengan akademis. Saya ingin bekerja di Bank dan perusahaan swasta. Lho, tidak salah bukan, jika anda mempunyai publikasi / karya tulis. Walaupun mungkin tidak berguna langsung pada saat ini, tapi itu akan berguna buat anda. Salah satu manfaat yang pasti anda alami  adalah kebanggaan dan peningkatan rasa percaya diri. PD karena ternyata karya anda bisa dan terima oleh orang lain. Selain itu juga, itu artinya karya anda disampaikan kepada publik yang lebih luas, selain jadi penghias perpustakaan di tempat anda kuliah.

***

Pengalaman ini yang saya lakukan selepas saya menyelesaikan S2 saya. Puji Tuhan, akhirnya saya bisa mendapatkan satu tulisan saya masuk ke konferensi internasional dengan semua biaya (perjalanan, akomodasi dan pendaftaran) ditanggung oleh panitia dan sebagian lagi oleh kampus. Sayang sekali sewaktu S1, tidak ada yang “menasihati” hal di atas kepada saya.