Mungkin sudah satu tahun lebih saya absen dari blog. Itu ketika saya mulai konsentrasi penuh menjelang “deadline” pemasukan PhD Thesis pertengahan tahun 2009 yang lalu. Ternyata kesibukan juga terus berlanjut selepas sidang S3 September 2009 dengan penelitian post-doctoral (Okt 2009 – Maret 2010) dan sesudah itu memulai aktivitas sebagai dosen sampai sekarang.

Beberapa tahun yang lalu saya menikmati sekali menulis blog di blog-blog saya sebelumnya (http://sautsagala.wordpress.com dan https://sautindo.wordpress.com). Menulis adalah mengalirkan ide-ide yang di kepala kepada sesuatu yang bisa saya lihat dan direnungkan lebih dalam lagi. Bisa juga setelah itu direvisi ulang dan menjadi sumber inspirasi untuk tulisan-tulisan yang lebih serius.

Sebenarnya banyak sekali kejadian penting yang tentunya layak untuk ditulis di blog. Tetapi kesibukan sepertinya sudah jauh lebih banyak dibandingkan waktu-waktu yang lalu dan membuat apa yang dilihat dan dirasakan tidak lagi dituliskan di blog. Saya tentu tidak berhenti menulis. Hanya medianya berbeda. Dua fokus utama saya adalah menulis artikel-artikel ilmiah dan berkomunikasi via email. Tulisan ilmiah sendiri banyak didominasi oleh tulisan-tulisan di proceeding ilmiah dan artikel jurnal dan beberapa artikel yang masih berupa draft. Komunikasi via email terus berlanjut terkait dengan kontak dengan kolaborator-kolaborator dalam kegiatan akademis dan penelitian.

Enam bulan terakhir banyak saya habiskan di Kyoto, Yogya dan Bandung. Selain itu beberapa tempat yang sangat berkesan yang saya kunjungi pada awal tahun 2010 adalah Yamagata, Nagano, Kanazawa, Biwako Valley. Selama tinggal di Yogya, saya melakukan perjalanan mingguan bolak-balik Bandung – Yogya dan Bandung – Palembang yang membuat saya lebih memahami sistem transportasi di Indonesia.

Selama musim dingin, terutama pada saat weekend, saya secara rutin mengunjungi beberapa ski resorts di Jepang yang membuat saya juga cukup sering melakukan beberapa perjalanan antar kota di Jepang. Pengalamannya meliputi menaiki bus malam untuk perjalanan pergi dan pulang ke beberapa tempat dan juga perjalanan menggunakan jyuuhachi kippu (tiket harian yang murah) ke tempat-tempat yang cukup jauh.